Apa Itu Asuransi Kesehatan Sistem Cashless? Ini Kelebihan dan Keuntungan

Asuransi kesehatan adalah sebuah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi tersebut jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Keuntungan asuransi kesehatan menjadi program yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari penggantian uang atau pemberian pelayanan kesehatan, disebabkan oleh penyakit, kecelakaan kerja, kecelakaan diri selain kecelakaan kerja, hingga penggantian penghasilan yang hilang akibat menderita suatu penyakit atau mengalami sebuah kecelakaan. Asuransi kesehatan biasanya juga dipaketkan dengan asuransi jiwa yang dapat memberikan santunan apabila seseorang meninggal dunia. Cashless merupakan sebuah kartu yang diterbitkan oleh sebuah perusahaan asuransi. Kartu tersebut berfungsi untuk membayar biaya rawat inap di rumah sakit ketika pemegang polis asuransi tersebut mengalami sebuah musibah seperti sakit ataupun kecelakaan dan diharuskan melakukan rawat inap di rumah sakit. Secara khusus, pengertian asuransi kesehatan adalah sebuah jenis produk asuransi yang menjamin biaya kesehatan atau perawatan para peserta asuransi jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Dalam asuransi kesehatan, ada dua jenis perawatan yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi, yaitu rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment).

asuransi kesehatan, asuransi kesehatan cashlessCashless adalah Fasilitas pembayaran langsung ke Rumah Sakit, Perusahaan Asuransi selaku Penanggung melalui TPA (Third Party Administrator) mengeluarkan Surat Jaminan atas biaya Rawat Inap dan / atau Rawat Jalan yang dipertanggungkan sebagai persetujuan atas penggunaan Cashless sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku di Polis. Cashless merujuk kepada sebuah sistem pembayaran tanpa mengeluarkan uang tunai sama sekali. Pada sistem cashless ini, pemegang polis asuransi  tak perlu menalangi terlebih dahulu biaya rumah sakit sebelum mengajukan penggantian melalui pengajuan reimburse (pengajuan klaim secara manual). Pemegang polis juga tidak perlu menyetorkan deposit kepada pihak rumah sakit. Oleh karena itu pada saat anda akan membeli polis jenis asuransi kesehatan, kita harus teliti pastikan bahwa anda menerima asuransi kesehatan cashless, agar pada saat keadaan darurat anda tidak direpotkan dengan biaya-biaya medis yang harus dikeluarkan terlebih dahulu.

Artinya, setiap perusahaan Asuransi memiliki TPA sebagai penyedia kartu cashless yang nantinya kartu tersebut digunakan sebagai penjamin agar pasien tidak perlu membayar uang muka untuk rawat inap di rumah sakit.  Istilah umumnya Surat Garansi.

Keuntungan Asuransi Kesehatan Cashless :

1. Cashless (Menggunakan Kartu)
Salah satu kelebihan dari asuransi ini adalah anda tidak perlu memikirkan biaya rumah sakit anda, karena hal tersebut telah di jamin oleh perusahaan asuransi anda. Anda hanya perlu menunjukan kartu untuk mengklaim dana asuransi anda tersebut. Selain tidak perlu menggunakan uang untuk membiayai biaya rumah sakit tersebut, sistem ini juga lebih fleksibel.

2. Biaya Medis “sesuai tagihan”
Biaya yang anda bayar setiap bulannya akan sesuai dengan harga yang akan anda terima. Misalnya, jika anda ingin operasi dan memerlukan perawatan medis perusahaan asuransi tersebut akan merujuk anda ke rumah sakit yang sesuai biaya premi anda tiap bulannya tanpa ada pengurangan dari perusahaan asuransi tersebut. Sehingga, anda tidak perlu takut unutk hal ini atau anda merasa takut rugi dan merasa tertipu oleh salah satu perushaan asuransi tersebut.

3. Melindungi dari usia 6 Bulan – 75 Tahun
Bila anda ingin melindungi diri anda dan keluarga silahkan memilih asuransi Cashless, karena sistem asuransi ini akan melindungi anak anda yang berusia 6 bulan hingga ia tua dan untuk anda yang sudah mau memasuki hari tua and atidak perlu khawatir, karena asuransi kesehatan ini juga melindungi para lansia berusia senja.

4. Tersedia  Beberapa Paket Pilihan Yang Dapat disesuaikan
Tentunya, tingkat perekonomian maupun tingkat kebutuhan seseorang akan berbeda-beda. Oleh karena itu, asuransi kesehatan sistem Cashless ini memiliki beberapa pilihan paket yang di sesuaikan dengan keperluan dan kebutuhan anda, agar semua orang dapat menikmati asuransi kesehatan  untuk menjamin kesehatan mereka hingga tua. 

5. Adminitrasi Klaim On-Line Rawat Inap
Biasanya sebuah asuransi untuk mengklaim asuransi tersebut kita membutuhkan waktu yang lama dan sangat ribet. Namun, untuk asuransi kesehatan cashless ini mengkalimnya dengan cara online, yaitu dengan nomor polis yang tercantum dalam kartu dan pihak rumah sakit pun akan mengurus klaim anda tersebut.

Bagaimana cara menggunakan fasilitas cashless?
  • Peserta asuransi menunjukkan kartu cashless yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi beserta kartu identitas yang sah kepada bagian pendaftaran atau administrasi rawat inap di rumah sakit mitra.
  • Perusahaan asuransi akan menerbitkan Surat Jaminan Rawat Inap kepada rumah sakit mitra sebagai persetujuan untuk penggunaan fasilitas cashless.
  • Peserta asuransi atau pasien akan mendapatkan pelayanan medis sesuai dengan tingkat kelas kamar yang tercantum dalam Surat Jaminan Rawat Inap.

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam menggunakan cashless?
  • Kartu Cashless hanya dapat digunakan oleh Tertanggung atau Peserta asuransi yang namanya tercantum pada Polis. Pemegang Polis wajib melunasi semua kerugian akibat penggunaan kartu Cashless yang tidak seharusnya, termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan kartu Cashless oleh pihak selain Tertanggung atau Peserta.
  • Penanggung atau perusahaan asuransi mempunyai hak untuk menerbitkan atau membatalkan Surat Jaminan Rawat Inap.
  • Pemegang Polis wajib untuk membayar Kelebihan Klaim (jika ada) sebelum Tertanggung atau Peserta keluar dari rumah sakit mitra.
  • Setiap penolakan atas klaim yang diajukan akan menjadi Kelebihan Klaim, maka wajib dibayarkan oleh Pemegang Polis kepada Penanggung.
  • Peserta dapat mengajukan klaim melalui fasilitas penggantian biaya (Reimbursement)

Bagaimana pembayaran menggunakan fasilitas cashless dilakukan?
  • Tidak menghapus hak Penanggung menyanggah kebenaran polis termasuk untuk melakukan analisa atas klaim dan/atau melakukan seleksi ulang terhadap Polis sebagaimana diatur pada Ketentuan Umum Polis.
  • Bukan merupakan bentuk persetujuan atas klaim. Persetujuan klaim akan disampaikan kemudian oleh Penanggung dalam bentuk tertulis.

Apa yang menyebabkan fasilitas cashless berakhir?
  • Diakhiri oleh penanggung atau perusahaan asuransi, jika
  • Terdapat penggunaan Kartu Cashless yang tidak seharusnya.
  • Surat Jaminan Rawat Inap dibatalkan oleh Penanggung kepada rumah sakit mitra. Biaya yang timbul akibat pembatalan ini diperhitungkan sebagai Kelebihan Klaim.
  • Fasilitas cashless otomatis berakhir, jika:
  • Terdapat tunggakan premi sejak Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran Premi.
  • Pertanggungan Tambahan Manfaat Perawatan Rumah Sakit dan Pembedahan dan/atau Polis berakhir.
  • Terdapat Kelebihan Klaim yang belum dibayarkan seluruhnya oleh Pemegang Polis kepada Penanggung

Bagaimana mengetahui jika fasilitas Cashless sudah berakhir?
Fasilitas Cashless dapat otomatis berakhir jika:
  • Terdapat tunggakan premi sejak Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran Premi.
  • Pertanggungan Tambahan Manfaat Perawatan Rumah Sakit dan Pembedahan dan/atau Polis berakhir.
  • Terdapat Kelebihan Klaim yang belum dibayarkan seluruhnya oleh Pemegang Polis kepada Penanggung.

Bagaimana jika perawatan rumah sakit melebihi manfaat cashless?
Pemegang polis wajib untuk membayar Kelebihan Klaim (jika ada) sebelum Tertanggung atau Peserta keluar dari rumah sakit mitra. Setiap penolakan atas klaim yang diajukan akan menjadi kelebihan klaim, maka Pemegang Polis wajib membayarkan kelebihan tersebut kepada Penanggung.

Kondisi apa saja yang menimbulkan kelebihan klaim?
  • Pembatalan Surat Jaminan Rawat Inap oleh Penanggung. Seluruh biaya yang timbul akan diperhitungkan sebagai Kelebihan Klaim.
  • Biaya yang tidak berhubungan dengan Perawatan Medis, seperti biaya kartu kredit, telepon, dan lain-lain.
  • Biaya Perawatan Medis yang melebihi batas maksimum Manfaat sesuai dengan Tabel Manfaat dalam Polis.
Sumber Artikel dari pasarpolis.com

0 Response to "Apa Itu Asuransi Kesehatan Sistem Cashless? Ini Kelebihan dan Keuntungan"

Post a Comment

Labels

Adira Insurance Agen Asuransi AIA FINANCIAL Asuransi Asuransi ABDA Asuransi ACA Asuransi ACE Asuransi Adira Asuransi AIA Asuransi AIG Asuransi Allianz asuransi Anak Asuransi Astra Asuransi AstraLife Asuransi Aswata Asuransi Avrist Asuransi AXA Asuransi AXA Mandiri Asuransi BCA LIFE Asuransi Bhakti Bhayangkara Asuransi Bintang Asuransi Bisnis Asuransi BNI Life Asuransi BPJS Ketenagakerjaan Asuransi BRI Life Asuransi BUMIDA Asuransi Bumiputera Asuransi Cakrawala Proteksi Asuransi CAR Asuransi Chubb Life Asuransi CIGNA Asuransi Commonwealth Life Asuransi Dana Pensiun Asuransi Danamon Asuransi Dwiguna Asuransi EKA LLOYD Asuransi Ekspor Asuransi Equity Life Asuransi FWD Asuransi IndoLife Asuransi INDOSURYA LIFE Asuransi InHealth Asuransi Investasi Asuransi Investasi Alliannz Asuransi Investasi BNILife Asuransi Investasi Manulife Asuransi Jagadiri Asuransi Jaminan Hari Tua Asuransi Jasindo Asuransi Jiwa Asuransi Jiwa AIA Asuransi Jiwa Allianz Asuransi Jiwa AstraLife Asuransi Jiwa Avrist Asuransi Jiwa AXA Mandiri Asuransi Jiwa BNI Life Asuransi Jiwa BRI Life Asuransi Jiwa Bumiputera Asuransi Jiwa Cigna Asuransi Jiwa FWD Asuransi Jiwa JAGADIRI Asuransi Jiwa Manulife Asuransi Jiwa Prudential Asuransi Jiwa Sequislife Asuransi Jiwa Tokio Marine Asuransi Jiwa Unit Link Asuransi Jiwa Zurich Asuransi Jiwasraya Asuransi JMA Syariah Asuransi Kebakaran Asuransi Kebakaran Bumida Asuransi Kecelakaan Diri Asuransi Kenderaan Asuransi Kerugian Asuransi Kesehatan Asuransi Kesehatan AIA Asuransi Kesehatan Allianz Asuransi Kesehatan Avrist Asuransi Kesehatan AXA Asuransi Kesehatan AXA Mandiri Asuransi Kesehatan BNI LIfe Asuransi Kesehatan BRI Life Asuransi Kesehatan Bumiputera Asuransi Kesehatan CIGNA Asuransi Kesehatan FWD Asuransi Kesehatan Jagadiri Asuransi Kesehatan Manulife Asuransi Kesehatan MNCLIFE Asuransi Kesehatan Prudential Asuransi Kesehatan Sequislife Asuransi kesehatan SinarMas Asuransi Kesehatan Sun Life Financial Asuransi Lippo Life Asuransi MAG Asuransi Manulife Asuransi Mitra/Kresna Asuransi MNC Life Asuransi Mobil Asuransi Mobil Abda Asuransi Mobil Autocilin Asuransi Mobil Garda Oto Asuransi Mobil Mag Asuransi Mobil SinarMas Asuransi Motor Asuransi Pan Pacific Asuransi Pendidikan Asuransi Pendidikan Anak Asuransi Pendidikan JiwaSraya Asuransi Pendidikan Manulife Asuransi Pendidikan Syariah BNILife Asuransi Pendidikan Syariah BRI Life Asuransi Penidikan Bumiputera Asuransi Perjalanan Asuransi Perjalanan Adira Asuransi Perjalanan AIG Asuransi Perjalanan Harian Asuransi Properti Asuransi Prudential Asuransi Raksa Asuransi Rumah/Properti Asuransi Sequislife Asuransi Sinarmas Asuransi SinarmasMSIGLife Asuransi Sun Life Financial Asuransi Syariah Asuransi Syariah AIA Asuransi Syariah AIG Asuransi Syariah Allianz Asuransi Syariah Astra Asuransi Syariah AXA Asuransi Syariah BNILife Asuransi Syariah BRI Life Asuransi Syariah Bumiputera Asuransi Syariah Jasaraharja Asuransi Syariah Jaya Proteksi Takaful Asuransi Syariah Keluarga Indonesia Asuransi Syariah Manulife Asuransi Syariah Prudential Asuransi Syariah SinarmasMSIG Life Asuransi Takaful Umum Asuransi Tokio Marine Asuransi Tri Pakarta Asuransi Uber Asuransi UKM Asuransi Umroh dan Haji Asuransi Victoria Insurance Asuransi Zurich Berita Asuransi BPJS Bringin Life CAR 3i Networks CIMB AIA Dana Investasi Dana Pensiun Financial Investasi Manulife Investasi Online Investasi Prudential Investasi Reksa Dana AXA Investasi SAHAM Jasa Pinjaman Jenis Asuransi Klaim Asuransi Konsultan Asuransi Koperasi Simpan Pinjam Malacca Trust Wuwungan Insurance Manfaat Asuransi OJK Otoritas Jasa Keuangan Pegadaian Pengertian Asuransi Premi Asuransi Produk Asuransi Risiko Asuransi Rumah Sakit Rekanan Tabungan Pendidikan Tips Asuransi Tips Keuangan Visa Schengen